LPM Unwar Gelar Pelatihan Sistem Pemotongan dan Pemungutan Pajak Bendaharawan

Kepala LPM Unwar Dr. Drs. I Wayan Wesna Astara ( Jas Biru) saat Pelatihan Sistem Pemotongan dan Pemungutan Pajak Bendaharawan

Denpasar, baliwakenews.com

Tim Pengabdian LPM Program Kemitraan Masyarakat Universitas Warmadewa, menyelenggarakan Pelatihan Sistem Pemotongan dan Pemungutan Pajak Bendaharawan Pada Rekanan. Pelatihan yang dilaksanakan secara daring mengusunh tema Pembinaan Aspek Perpajakan Bendaharawan.

Kepala LPM Unwar Dr. Drs. I Wayan Wesna Astara, SH.,M.H.,M.Hum., ditemui di Kampus Unwar, Selasa (17/11) mengatakan kegiatan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu tersebut diharapkan mampu memberikan kontribusi baik bagi pemerintah maupun stakeholder.

Dikatakan, pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan UU, dengan tidak mendapat imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Contoh wujud dari hukum pajak formil adalah ketentuan dan tata cara perpajakan.

“Sebagai wajib pajak, kita memiliki kewajiban untuk bayar dan lapor pajak. ‘Klikpajak’ sebagai salah satu Aplikasi Penyedia Jasa (ASP) mitra resmi dari Dirjen Pajak dapat membantu kita untuk memenuhi kebutuhan pajak. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur hitung, setor, hingga lapor yang mudah dan praktis, sehingga kita hanya menggunakan satu platform untuk menuntaskan kewajiban perpajakan kita,” ungkapnya.

Ketua tim Pengabdian, I. I. D. A. Manik Sastri, SE.,M.Si., Ak, CA., menyampaikan bahwa pengabdian ini sangat penting untuk dilaksanakan secara berkelanjutan agar Bendaharawan di seluruh Bali terupdate pengetahuannya dan mendapat kepastian tentang apa yang harus dilakukan sehubungan dengan aspek perpajakan bendaharawan.
“Jabatan bendaharawan rentan dimutasi ke posisi lain, sehingga bendaharawan penggantinya merasa percaya diri dan tidak terlalu conservatism (sangat hati-hati) dalam menginterprestasikan Undang-Undang,” ungkapnya.

Kegiatan dibuka Kepala LPM Unwar Dr. Drs. I Wayan Wesna Astara, SH.,M.H.,M.Hum., diikuti Mitra PKM yang juga sebagai CEO Baliyoni Group Dr. Ir. Ni Wayan Sri Ariyani, MM., IPM, dan bendahara pada Instansi Pemerintah dan Instansi Pendidikan di Bali.

Narasumber yang hadir AR Denpasar Barat I Putu Gede Parwata, SE., dan Dosen FEB Unwar I Gusti Agung Prama Yoga, SE.,M.Si.,BKP., dengan moderator Ketua Tim Pengabdian I. I. D. A. Manik Sastri, SE.,M.Si., Ak, CA.*BWN-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: