Jelang Galungan, Yowana Manca Agung kembali Laksanakan Tradisi “Ngejot”

AKSI SOSIAL-Yowana Manca Agung saat melaksanakan aksi sosial di Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Klungkung.

Gianyar,baliwakenews.com

PDAM

Wujud Bhakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Ida Bhatara Kawitan Ida Bhatara Dhalem Shri Aji Tegal Besung, Yowana Manca Agung kembali melaksanakan bhakti sosial berupa punia sembako kepada 10 keluarga di lingkungan pasemetonan Manca Agung di Kabuapten Gianyar dan Kabupaten  Klungkung, Sabtu (12/9). Punia diberikan kepada para lansia dan disabilitas yang kurang mampu di Desa Tengkulak Gianyar dan Klungkung. Penyerahan Punia ini dilaksanakan di Sekretariat Manca Agung Kecamatan Sukawati di tengkulak Gianyar dan Sekretariat Manca Agung Kabupaten Klungkung yang berada di Kecamatan Gelgel.

Menurut Ketua Sabha Yowana Manca Agung Provinsi Bali I Dewa Nyoman Alit Swastika, S.Sos., M.I.Kom kegiatan ini sebagai wujud nyata rasa “eling ring semeton” atau peduli terhadap sesama, sebagaimana yang termuat dalam bhisama leluhur kami yaitu “Bhakti ring kawitan, eling ring semeton, dan terus belajar ilmu pengetahuan”. “Kami aktualisasikan kedalam acara Bhakti sosial berupa punia sembako yang kami rangkum kedalam program “ngejot”. Sebagaimana yang tertuang dalam pustaka suci Manawa Dharma Sastra 1.85, bahwa di zaman Kerta Yuga prioritas beragama pada bertapa, beragama pada zaman Treta Yuga dengan jnana, zaman Dwapara Yuga dengan upacara Yadnya, sedangkan prioritas beragama pada zaman Kali Yuga adalah dana punia. Jadi  sangat tepat, Yadnya yang utama dalam zaman kaliyuga dilakukan dengan dana punia. Dana punia dalam hal ini, tidak saja berupa  uang tetapi bisa juga berupa sembako seperti yang kami lakukan sekarang ini,”ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan ini juga sebagai bentuk ke aktifan para generasi muda khususnya Yowana Manca Agung dalam melestarikan tradisi yang diwariskan para pendahulu, salah satunya tradisi ngejot. ” Kegiatan Ngejot ini dilaksanakan serangkaian menyambut Hari Raya Suci Galungan dan Kuningan, yang pada kesempatan kali ini Yowana Manca Agung sudah melaksanakannya ke-3 kalinya. Acara ngejot juga dirangkaikan dengan pembagian 700 masker yang berkolaborasi dengan DPP Peradah Bali dan DPK Peradah Gianyar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” terangnya sembari mengatakan sumber dana pada acara ini yaitu Punia dari para Yowana Manca Agung dan Yowana KSTD. Turut hadir dalam ngejot kali ini, Yowana Kertha Semaya Trah Dhalem Bali dan Peradah DPK Gianyar.BWN-05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: