Ini Lima Usaha yang Tumbuh di Tengah Corona

Denpasar, baliwakenews.com
Memandang dampak kemunculan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19 secara utuh, kita akan melihat ada dampak positif terhadap bidang bisnis. Ini ditandai dengan kemunculan berbagai jenis usaha yang memberi solusi ditengah tragedi yang mengerikan ini. Dari fenomena tersebut, Baliwakenews.com merangkum sebanyak lima usaha yang tumbuh di tengah kemunculan Covid-19 di Bali. Usaha ini tidak jauh-jauh dari kepentingan pencegahan penyebaran Covid-19.

Pertama, jual masker kain. Penjual masker kain dadakan saat ini tidak sulit ditemukan, apalagi di Denpasar. Mereka berada hampir di seluruh tempat keramaian, seperti pasar, parkiran, hingga lapangan. Bahkan, ada warga yang berjualan di pinggir jalan dengan menjajakan masker di mobil muatan. Seperti dijumpai Baliwakenews.com di Jl. Hayam Wuruk, di depan pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tak beroperasi. Lapak dadakan ini pun diserbu warga, salah satunya ojek online.

Selain karena masker mulut menjadi kebutuhan, lapak ini diserbu karena di spanduk lapak itu bertuliskan “Obral Masker Harga Grosir Murah Meriah Rp.5000/pcs”. Kedua, jual sanitasi tangan. Keberadaan cairan sanitasi ini seakan sepaket dengan masker, sehingga banyak pedagang yang menjual masker dan juga cairan sanitasi dengan botol siap pakai, seperti yang dilakukan Gek Atu. Bahkan ia kerap kewalahan persediaan, sehingga calon pembeli memesan terlebih dahulu.

Baca Juga:  FH Unwar Gelar Pembekalan Pengelolaan Jurnal

“Sanitaser yang 60 ml, harga jual Rp.35.000 hingga Rp.40.000,” ujarnya saat ditemui di Denpasar. Ia mengatakan, tertarik untuk berjualan sanitaser dan masker awalnya untuk memudahkan keluarga dan sahabatnya yang juga membutuhkan. Kemudian berkembang, setelah dirinya mengunggah foto sanitaser dan masker di sosial media, sehingga banyak yang berminat untuk memesan. Ketiga, jasa semport disinfektan. Di Bali, peluang usaha ini mulai muncul ke permukaan.

Para penyedia jasa ini umumnya menyediakan layanan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari skala rumah tangga hingga tempat usaha dan perkantoran. Harganya relatif murah, masih di angka ratusan ribu, bergantung luasan lokasi yang disemprotkan. Informasi tentang jasa ini mudah di dapatkan, mulai dari website ataupun sosial media, marketplace. Keempat, yakni jualan kuliner. Usaha ini memang terkesan lumrah. Namun saat ini muncul berbagai kuliner kreatif,.

Baca Juga:  Peran Pers Gelorakan Empat Pilar Kebangsaan

Ini dilakukan agar usaha kuliner memiliki ciri khas. Seperti iklan bandeng presto yang dijual oleh seorang warga Denpasar, Iwan. Ikan bandeng yang akan dijual pun kualitas super, mulai dari kegurihannya hingga ukuran ikan. Alhasil, usaha tersebut banjir pesanan yang berasal dari keluarga, tetangga, kerabat atau pelanggan baru. “Ya harga murah saja, ada yang kecil mulai dari Rp.25 ribu, berikutnya ada Rp.35 ribu juga. Kami juga siap antar untuk jumlah pesanan terentu,” kata Iwan.

Kelima, jasa kurir. Di tengah keterbatasan aktifitas ke luar rumah, masyarakat cenderung akan memanfaatkan jasa kurir untuk mengirim barang. Jasa kurir ini mulai banyak disediakan berbagai usaha, contohnya depo pengisian air minum isi ulang. Di Denpasar, peluang usaha ini tiada putusnya, bahkan relatif meningkat. Putu, Seorang pengelola depo air minum di Kota Denpasar, mengakui bahwa sejak masyarakat lebih sering di rumah, omsetnya meroket, bahkan kerap kewalahan.

Baca Juga:  Jeli Melihat Peluang Naikkan Pamor, Suwon FC Kontrak Bintang Timnas Indonesia. Ini Dampaknya

“Ya lumayan meningkat, sejak ada Corona,” ujar Putu. Lantaran mengirim dengan motor, ia mengaku dapat mengambil langganan di lingkup perumahan termasuk pemukiman di jalan gang. Untuk efesiensi pengiriman, ia juga menyediakan produk lain berupa gas melon. “Harga ngambil sendiri sama saja dengan harga kalau gas dikirim, Rp.20 ribu. Untuk air isi ulang, Rp.5000,” ungkapnya. Untuk memaksimalkan pengiriman, pengisian air dibantu oleh istrinya. (BW-06)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM