Gairahkan UMKM di Masa Pandemi, Manajemen Bandara Salurkan Ini

Mitra binaan Bandara saat menerima dana CSR dari AP 1 Bandara Ngurah Rai

Badung, baliwakenews.com

Melalui program perusahaan Corporate Social Responsibility (CSR), Manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali menyalurkan dana Program Kemitraan kepada sejumlah mitra binaan. Sebanyak 15 mitra binaan secara simbolis menerima dana Program Kemitraan senilai total Rp 1,26 miliar yang diserahkan oleh General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Herry A.Y. Sikado, pada Kamis (22/10) siang.

Dalam sambutannya, Herry menyatakan bahwa program ini merupakan wujud dari semangat ekonomi kerakyatan. “Penyaluran dana Program Kemitraan, yang merupakan salah satu program rutin perusahaan ini, utamanya adalah bertujuan untuk mendorong peningkatan dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Melalui program yang berwujud pinjaman lunak ini kami bertekad untuk dapat berperan aktif, rutin, dan berkesinambungan dalam memajukan roda perekonomian masyarakat,” ujar Herry.

“Tentunya, sebagai perusahaan yang bernaung di bawah Kementerian BUMN, PT Angkasa Pura I (Persero) memiliki tanggung jawab untuk berperan serta dalam program pemerintah untuk dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan,” lanjutnya.

Dari 15 mitra binaan yang menerima dana Program Kemitraan kali ini, sebanyak 8 mitra bergerak di bidang perdagangan, 3 di sektor industri, 3 mitra di sektor jasa, serta 1 mitra dari bidang peternakan. Kabupaten Badung menjadi wilayah dengan jumlah penerima terbanyak, yaitu 6 penerima, disusul 4 mitra dari Kabupaten Tabanan, Kabupaten Gianyar dengan 3 mitra, serta Kota Denpasar dan Kabupaten Klungkung dengan masing-masing 1 mitra.

“Dalam situasi pandemi yang saat ini sedang kita hadapi bersama, kondisi memang serba sulit, yang berimplikasi pada kondisi ekonomi di berbagai lapisan masyarakat, salah satunya adalah di sektor UMKM. Keterbatasan modal usaha menjadi salah satu faktor yang turut menjadi penghambat berkembangnya usaha. Melalui program ini, kami berharap bahwa dana Program Kemitraan ini dapat membantu usaha Bapak dan Ibu sekalian untuk dapat bertahan, serta bahkan untuk terus bertumbuh dan berkembang di masa sulit ini,” lanjut Herry.

Program penyaluran dana Program Kemitraan di tahun 2020 ini melanjutkan program perusahaan yang terselenggara secara rutin sejak tahun 1992. Dengan tambahan penyaluran dana Program Kemitraan di tahun 2020 tersebut, secara total PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola pintu gerbang Pulau Bali ini telah merealisasikan program dana Program Kemitraan senilai Rp 51.515.750.000. Total dana tersebut telah tersalurkan kepada lebih dari 1.500 bidang usaha skala kecil, mikro, dan menengah yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Bali.

PT Angkasa Pura I (Persero) secara rutin dan konsisten menyalurkan dana Program Kemitraan kepada mitra binaan sebagai perwujudan dari salah satu misi perusahaan, yaitu menjadi mitra pemerintah dan penggerak pertumbuhan ekonomi. Dibandingkan dengan pinjaman dari bank konvensional, dana bantuan Program Kemitraan ini bersifat lebih memudahkan bagi para mitra usaha yang mayoritas bergerak di sektor UMKM. Dengan jangka waktu angsuran selama 36 bulan, serta dengan bunga pinjaman tahunan yang lunak, melalui program ini, diharapkan dapat menjadi katalis bagi para mitra binaan untuk dapat semakin berkembang dan bersaing. BWN-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: