Fakultas Pertanian Unwar, Bantu Peternak Babi Bangkit Pasca ASF

Ir. I Gede Sutapa, M.P. serahkan bantuan

Denpasar, baliwakenews.com

PDAM

Pasca serangan virus African Swine and Fever (ASF) awal 2020 lalu, yang mengakibatkan ribuan ternak babi mati di Bali Fakultas Pertanian Universitas Warmadewa mengedukasi peternak di Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan. Kegiatan untuk membangkitkan kembali peternakan babi, sehingga peternak tidak hanya mengandalkan hasil dari daging babi namun juga memanfaatkan limbah sebagai pupuk.

Dosen Fakultas Pertanian Unwar, Ir. Ketut Agung Sudewa, M.Si, mengatakan peternak di Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Kabupaten Tabanan di hantui oleh serangan Virus ASF yang menyerang sebagian besar Babi peliharaan para warga. ” Banyak warga yang mengalami kerugian, waktu itu. Melihat kondisi tersebut, kami bersama Pemerintah Desa Kukuh berupaya mengedukasi peternak tentang cara perawatan dan budidaya ternak babi yang baik dan benar,” ucapnya, saat di temui di kampus Unwar, Denpasar.

Unwar

Kegiatan yang dikemas dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Tematik yang di danai dari Hibah Institusi Universitas Warmadewa Tahun 2020 melibatkan 20 orang perwakilan PKK Desa Kukuh. “Dalam kegiatan ini kami transfer pengetahuan dasar tentang budidaya ternak babi hingga tips pencegahan serangan penyakit-penyakit yang dapat menyerang ternak babi,” ucap Ir. Ketut Agung Sudewa, M.Si., bersama tim PKM lainnya Ir. Yan Tonga, M.P, dan Ir. I Gede Sutapa, M.P.

Pihaknya juga melatih para peserta yang terdiri dari PKK perwakilan dari masing-masing Dusun yang ada di Desa Kukuh cara mengolah kotoran ternak babi dan sampah berbasis sumber menjadi pupuk organik yang akan dimanfaatkan untuk tanaman organik di polybag.

“Karena tujuan utama dari PKM ini adalah penanganan dan pengolahan limbah ternak dan sampah berbasis sumber menjadi pupuk organik. Dengan demikian limbah babi yang selama ini cukup mengganggu lingkungan karena baunya yang tajam, dapat diolah dan tidak terbuang,” tukasnya.

Perbekel Desa Kukuh Kecamatan Kerambitan, I Nyoman Widhi Adnyana, S.Kom.,M.Pd., menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim PKM Universitas Warmadewa yang telah ikut serta membangun Desa Kukuh yang juga merupakan salah satu misi Perbekel Desa Kukuh yaitu melakukan kerjasama dengan Akademisi dan Pihak Eksternal lainnya dalam rangka percepatan pembangunan disegala sektor di Desa Kukuh.

Kegiatan akan berlangsung hingga September 2020 mendatang. “Perwakilan PKK ini akan kami latih mulai dari beternak babi, pemanfaatan limbahnya dan sumber lain sebagai pupuk/media tumbuh organik untuk penanaman sayuran di polybag,” pungkas Sudewa.*BWN- 03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: