Era New Normal Sarjana Planologi Sangat Prospektif

sharing session prospektif lulusan planologi dalam era "new normal" melalui daring

Denpasar, baliwakenews.com

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Hindu Indonesia (PWK UNHI) Denpasar melakukan sharing session dengan tema prospektif lulusan planologi dalam era “new normal”. Hal ini menurut Ni GA Diah Ambarwati Kardinal ST,MT yang merupakan penyelenggara acara dan juga ketua program studi di PWK UNHI, untuk memperkenalkan planologi yang masih asing di telinga masyarakat.

Dikatakan, Ilmu planologi terdengar masih asing ditelinga masyarakat pada umumnya, namun bila mendengar tata ruang sebagian besar masyarakat sudah tau padahal keduanya sangat berkaitan. Planologi adalah ilmu yang mempelajari tata ruang yang saat ini dikenal dengan sebutan perencanaan wilayah dan kota.

Sharing session disaksikan sekitar 200-an peserta dari berbagai kalangan dan beberapa provinsi di Indonesia, yang disiarkan secara daring melalui aplikasi google meet dan youtube live.

“Karena bisa menjangkau peserta yang lebih banyak dengan jangkauan yang lebih luas maka acara ini akan terus berkelanjutan,” kata Diah Ambarwati, Senin (1/6) di Denpasar.

Memasuki era new normal ini PWK juga ingin mengajak semua peserta untuk melihat sejauh mana prospektif bagi lulusan planologi dalam menghadapi peluang dan tantangan di masa yang akan datang.

Dekan Fakultas Teknik UNHI I Komang Gede Santhyasa ST,MT., sangat mengapresiasi webinar ini sebagai peran lembaga pendidikan dalam memperkenalkan bidang ilmu planologi ke masyarakat luas.

Sebagai pembicara dalam acara ini adalah para pakar dan birokrasi yang menekuni ilmu perencanaan, ada tiga pembicara yang dihadirkan dalam acara ini,dan masing-masing pembicara memaparkan mengenai ilmu dan pengalamannya dalam bidang planologi.

Ketiga pembicara tersebut adalah Juniar Ilham.P ST,MT., praktisi tata ruang dan konsultan perencana, Ida Bagus Wiratmaja ST,MT., seorang birokrasi yang menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan,Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) dan Ir Gusti Putu Anindya Putra MSP., seorang pensiunan PNS yang jabatan terakhirnya adalah kepala Bappeda Kota Denpasar.

PWK UNHI sendiri saat ini telah meluluskan puluhan sarjana yang hampir semua bekerja di bidang yang mengandalkan ilmu planologi, seperti analisa kredit bank, konsultan perencana dan tata ruang, PNS, ASN dan bidang pekerjaan lainnya.

Untuk tahun ini UNHI telah membuka pendaftaran mahasiswa baru dan akan berakhir pada 16 Juli 2020 selanjutnya tes tulis akan dilakukan pada 18 Juli 2020. Sehingga masih ada peluang untuk mendaftar bila ingin menjadi planner yang handal.*BW-09

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: