Jumat, 3 Juli 2020

Diambil Alih Pemprov, Badung Tak Berikan Stimulus Untuk Koperasi

Koperasi dibadung hanya 175 kopersi yang mendapatkan stimulus dari Pemerintah Provinsi Bali

Mangupura,baliwakenews.com

Dari 499 Koperasi yang ada di Kabupaten Badung, hanya 175 koperasi yang bisa mendapatkan bantuan stimulus  dari Pemerintah Provinsi Bali, namun sayangnya sejumlah koperasi yang belum mendapat bantuan ternyata Pemerintah Kabupaten Badung tidak bisa juga berbuat banyak, karena Badung tidak menganggarakan stimulus untuk Koprasi.

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Badung I Made Widiana, Minggu (21/5) membenarkan hal tersebut. menurutnya, Pemerintah Provinsi Bali sudah menganggarkan membantu koperasi yang terdaftar di Badung. Totalnya mencapai 499 koperasi yang aktif. Hanya, kata dia, setalah dilakukan verifikasi hanya 175 saja yang lolos.

“Di Badung ada 499 koperasi yang aktif, pada tahap I lolos sebanyak 94 koperasi dan sudah dicairkan bantuannya dan pada tahap II lolos 81 koperasi lagi. Jadi totalnya semua 175. Pada waktu verifikasi selain ada yang tidak mengajukan berkas, ada juga koperasi yang mengajukan cuma tidak lolos lantaran tidak memiliki NPWP. Untuk itu, mereka dinyatakan tidak lolos verifikasi,” terangnya. Sembari menambahkan, bantuan stimulus tersbut sebesar Rp 10 juta per koperasi.

Ditanya apakah Pemkab Badung akan membantu bagi koperasi yang tidak mendapatkan bantuan stimulus usaha dari provinsi, Widiana menegaskan tidak. “Sebetulnya provinsi sudah menganggarkan bantuan sebanyak koperasi yang aktif di Badung, yakni 499 koperasi. Namun lantaran masalah administrasi, sehingga tidak semua dapat bantuan. Karena dari awal sudah dianggarkan oleh provinsi, Badung tidak lagi menganggarkan,” katanya.

Terkait adanya koperasi yang ternyata tidak memiliki NPWP, Widiana menegaskan bakal menjadi perhatian serius. “Dulu koperasi belum diwajibkan memiliki NPWP saat mengurus badan hukum, sehingga kini ada sejumlah koperasi yang belum memiliki NPWP. Kalau sekarang kan wajib. Ini lah yang akan menjadi perhatian kami,” tandasnya.

Sementara  Ketua Dekopinda Kabupaten Badung, I Wayan Reta yang dihubungi terpisah, mengakui  banyak koperasi yang belum memiliki NPWP. “Kami juga  mendorong supaya koperasi bisa mengurus (NPWP, red). Supaya apa, supaya koperasi juga tertib administrasi,” katanya.BW-05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: