Desa Mendahan, Komitmen Bangun Penglolaan Sampah 3R

SOSIALISASI-Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra saat melakukan sosialisasi program pembuatan TPS 3R di Kantor Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar.

Gianyar, baliwakenews.com

PDAM

Pengelolaan sampah berbasis Reuse, Reduce, dan Recycle (3R) kembali di galakan disejumlah desa di Bali. Hal ini mampu mengurangi jumlah sampah yang terbuang ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir. Kali ini konsep pengelolaan sampah 3R ini, akan dilakukan oleh Desa Medaha, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Bahkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar sudah terus gencar melakukan sosialisasi untuk penerapan konsep pengelolaan sampah 3R tersebut di Desa Medahan.

Perbekel Desa Medahan, I Wayan Buana mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan lahan seluas 12 are untuk program pengelolaan sampah 3R ini. “Saya sudah berkoordinasi dengan desa adat bahkan kami menyelenggarakan paruman sebulan yang lalu,semua tokoh masyarakat dengan semangat mendukung pembangunan TPS di Desa Medahan,lahan pun telah disiapkan 12 are”,”ujarnya.

Unwar

Lebih lanjut dikatakan, masih ada sebagian masyarakat yang memahami TPS sebagai Tempat Pembuangan Sampah, padahal TPS merupakan tempat mengelola sampah menjadi barang yang bernilai atau sesuatu yang bermanfaat. “Di TPS 3R yang akan kita bangun, sampah organik kita akan olah menjadi pupuk yang tentunya berguna bagi masyarakat, baik untuk penyubur tanah kebun atau taman tanaman di pekarangan ,lebih luas lagi untuk petani di Desa Medahan,”terangnya.

Ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada jajaran Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, yang telah turun langsung memberikan sosialisasi untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan salah satunya melalui pemilahan sampah organik dan organik di rumah tangga.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra menyampaikan apresiasi dan sangat bersyukur karena masyarakat di Desa Medahan bersama kepala desanya sangat kompak dan bersemangat dalam upaya pengelolaan lingkungan termasuk tekad untuk membangun managemen pengelolaan sampah skala desa mandiri berbasis sumber dengan prinsip 3 R, termasuk keseriusan untuk mengerakan lagi operasional Bank sampah yang sudah ada di Desa Medahan. Ini membuktikan masyarakat memiliki wawasan dan semakin paham bahwa sampah memang harus dikelola, sampah memang mesti di manage menuju hidup bersih sehat serta kelestarian lingkungan,”ujar Kujus Pawitra.

Sekwan DPRD Gianyar ini juga mengungkapkan, desa desa di Gianyar saat ini semakin antusias membangun partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan yang baik dan benar, ini dibuktikan dengan semakin tingginya permintaan sosialisasi tentang lingkungan hidup bersih dan sehat,”Managemen pengelolaan sampah, meliputi permohonan pendampingan dalam membangun managemen pengelolaan sampah mandiri skala desa,juga banyak permohonan yang telah diajukan ke kami,”terang mantan Kastpol PP Gianyar tersebut. BWN-05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: