Selasa, 15 September 2020

BPJS Kesehatan Bakal Penuhi Klaim Pasien Corona, Ini Kriteria Penerima

Ilustrasi

Jakarta, baliwakenews.com
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan bakal memenuhi klaim dari pasien Virus Corona. Kebijakan ini berdasarkan surat dari Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Nomor: S.22/MENKO/PMK/III/2020 tentang Penugasan Khusus Verifikasi Klaim Covid-19. Melalui siaran pers, Kepala Humas BPJS Kesehatan, M Iqbal Anas Ma’ruf mengatakan, pihaknya telah menyiapkan hal-hal pendukung untuk verifikasi.

PDAM

Dalam melakukan verifikasi, pihaknya telah menetapkan kriteria pasien Virus Corona yang klaimnya dapat dipenuhi. “Pasien yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang berusia di atas 60 tahun dengan atau tanpa penyakit penyerta, serta ODP usia kurang dari 60 tahun dengan penyakit penyerta, baik itu WNI ataupun WNA yang dirawat pada rumah sakit di Indonesia,” terangnya Kamis (16/4).

Dengan adanya ketentuan di atas, kata dia, diharapkan dapat memperlancar tugas BPJS Kesehatan dalam melakukan verifikasi terhadap klaim pelayanan kesehatan akibat Covid-19. Iqbal juga menjelaskan, alur pengajuan klaim Covid-19 dimulai dari rumah sakit mengajukan klaim melalui email ke Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan cq. Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan, ditembuskan ke BPJS Kesehatan untuk verifikasi dan Dinas Kesehatan.

Unwar

Adapun berkas pendukung verifikasi diajukan melalui aplikasi Eklaim INA-CBGs. Kementerian Kesehatan dapat memberikan uang muka paling banyak 50% dari jumlah klaim yang diajukan. Berkas klaim pasien Covid 19 yang dapat diajukan adalah yang dirawat sejak tanggal 28 Januari 2020. Mengenai sumber pembiayaan klaim, ini berasal dari DIPA Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan atau sumber lainnya yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. BW-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: