Berupaya Pertahankan Zona Hijau, Desa Adat Peminge Bangun Pos Edukasi Satgas Gencar Sosialisasi dan Lakukan Pengawasan

Siap Edukasi Masyarakat: Satgas GR Covid 19 yang senantiasa siap di Posko Edukasi untuk memberikan pemahanan ke masyarakat terkait pencegahan covid 19.

Badung, Baliwakenews
Kawasan Desa Adat Peminge masuk dalam Zona Hijau Covid 19. Dimana hingga saat ini tidak ada warga yang tercatat positif Covid 19 di wilayah ini.
Berbagai upayapun dilakukan pihak desa adat dan komponen terkait untuk mempertahankan zona ini.
Salah satunya dengan rutin melalukan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga serta melakukan sosialisasi dan edukasi pentingnya menerapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih.
Bahkan Desa Adat Peminge membangun Pos Edukasi yang dijaga Satgas Gotong royong (GR) Covid 19 Desa Adat Peminge bersama komponen terkait lainnya.
Selain memberikan pemahanan, petugas yang berjaga juga mengajak masyarakat yang melintas agar senantiasa menggunakan masker demi kesehatan mereka.
Bendesa Adat Peminge, Jro Mangku Made Warsa didampingi Sabha Kertha Desa dan Kasatgas Covid 19 Peminge mengungkapkan pihaknya sudah melakukan langkah-langkah pencegahan covid 19 di wilayahnya. Bahkan bersama Satgas Gotong Royong terua bergerak melakukan berbagai upaya secara maksimal. Terutama menindaklanjutu arahan dan instruksi pemerintah dalam mencegah wabah ini.
“,Melalui posko edukasi ini kami terus mengedukasi masyarakat terkait penggunaan APD yang benar, menjaga jarak, menggunakan masker untuk kesehatan dan berupaya tetap berdiam diri di rumah,” ujarnya sembari menambahkan bersama semua komponen di Peminge berupaya keras jangan sampai di desa adat Peminge masuk zona merah.
Termasuk juga mengedukasi krama tamiu agar tidak berkerumun dan bepergian ke luar daerah, untuk memutus penyebaran Covid-19 ini.
“Kami di Desa Adat Peminge bersama usaha yang ada, LPM, Kertha Desa, Sabha desa, LPD dan unsur lainnya di desa adat juga akan memberikan pemberian sembako ke krama desa adat peminge yang rencananya dilakukan di awal bulan mei nanti. Dimana anggarannya bersumber dari kas desa adat dan LPD desa Adat Peminge,” bebernya
Kasatgas Gotong Royong Desa Adat Peminge Nyoman Beker menambahkan, dalam upaya menecagah penyebaran virus ini, pihaknya bekerjasama dengan yowana, pecalang dan prajuru Desa Adat Peminge.
“Kami juga melakukan pemantauan di Obyek wisata dengan patroli bersama pecalang dan prajuru
Sebab situasi saat ini bisa saja memicu kerawanan wilayah yang perlu diantisipasi,” ujarnya.
Ketua Sabha Desa, Ketut Suartika mengaku upaya yang dilakukan pihak desa adat harus didukung guna menciptakan kawasan Peminge terbebas dari covid 19. Pihaknya l sangat mendukung langkah yang telah dilakukan pemerintah, desa adat bersama satgas Covid-19, dalam upaya memutus mata rantai Covid-19 ini. “Mari kita disiplin menerapkan pola hidup sehat, memakai masker, menjaga kesehatan dan sementara tinggal di rumah,” ajaknya.
Salah seorang perwakilan warga setempat, Wayan Muntra memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan pihak desa adat dan komponen terkait lainnya dalam melindungi warga dari penyebaran covid 19.
Di sisi lain dia mendorong
di tengah darurat pencegahan covid 19, langkah pemerintah agar lebih ditingkatkan lagi.
Di bagian lain dia juga Selain mengajak semua agar taat kepada protokol pencegahan covid-19.
Utamanya agar ada keselarasan apa yang menjadi imbauan pemerintah dengan kesisiplinan masyarakat terhadap upaya pencegahan penyebaran covid 19 ini.
“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan bendesa, prajuru, satgas, sabha desa dan kertaha desa dalam upaya pencegahan ini,” tegas Tokoh yang juga seorang Notaris ini.
Bahkan dia menilai upaya yang dilakukan pihak terkait di Peminge
sangat luar biasa,
bisa dibilang sangat tertib dalam melakukan apa yang menjadi imbauan pemerintah.
“Baru diinstruksikan pembentukan satgas sudah melakukan langkah sigap dan cekatan membentuk satgas pencegahan satgas covid-19,” pujinya.
Dia menyampaikan terimakasih kepada desa adat Peminge, karena selaku warga desa adat merasa dilindungi dan diperhatikan dan telah memberdayakan potensi yang ada untuk mengamankan wilayah desa adat peminge. “Semoga dengan upaya yang dilakukan ini, Covid 19 akan segera berlalu dan akrivitas masyarakat kembali normal,” imbuhnya. BW-04

PDAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: