Sabtu, 4 Juli 2020

Berdayakan Hasil Pentas, Saptana Jagaraga Bantu Seniman Tua di Masa Pandemi

Gianyar, baliwakenews.com

Saptana Jagaraga menyalurkan bantuan di tengah pandemi Covid-19, pada Minggu (24/5). Komunitas kumpulan seniman di kawasan Singapadu, Sukawati, Gianyar ini menyasar kelompok seniman tua dan juga para anggota komunitas.

Bantuan itu berupa 90 paket sembilan bahan pokok yang diberikan kepada seniman dipandang layak menerima bantuan. Koordinator Komunitas, I Wayan Kariyana mengatakan masing-masing sembako terdiri dari beras, telur dan mie instan.

Yang menarik, sumber dana pengadaan bantuan ini diambil dari kas komunitas yang diperoleh dari pementasan. “Dari honor pementasan yang selama ini kita peroleh, mulai dari mengisi kegiatan masa, acara pemerintahan dan kebutuhan hotel,” terangnya saat diwawancarai Senin (25/5/2020).

Menurut Kariyana, anjloknya sektor pariwisata akibat pandemi Covid-19 dirasakan semua pihak. Termasuk komunitas mereka yang minim panggilan pentas. Di tengah perputaran ekonomi yang lambat, melalui aksi kemanusiaan ini mereka tetap ingin memotivasi para seniman tua agar tetap semangat dalam berkesenian.

Terlebih, selama ini para anggota dan seniman tua telah berkontribusi banyak dalam pentas, yang sekaligus ikut dalam gerakan pelestarian kesenian Bali. Sebagai generasi penerus, Kariyana mengatakan pihaknya juga berkepentingan dalam menjaga keberadaan kesenian Bali.

Aksi ini juga diapresiasi dari dalam komunitas. Ketua umum komunitas, I Wayan Darya menyambut baik aksi para anggota komunitas dalam menanggapi dampak Covid-19. Selain membangun rasa kekeluargaan bersama anggota, ini juga wujud sinergi kepada lingkungan yang selama ini mendukung kemajuan komunitas.

Salah satu seniman penerima bantuan, Ketut Tama, bersyukur atas bantuan yang diberikan. “Saya selaku seniman tua merasa termotivasi dengan bantuan ini. Saya ucapkan terimakasih atas kepedulian para seniman muda-muda ini,” aku Tama. BW-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: