Bekas Kantor Camat Mengwi Jadi Kantor Perbekel dan Bumdes

ROMBAK-Bekas Kantor Camat Mengwi akan dirombak menjadi Kantor Desa Mengwi. Sebagian bahkan sudah ditata menjadi kios yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)

Mangupura, baliwakenews.com

PDAM

Setelah cukup lama tak ditempati akhinya bekas Kantor Camat Mengwi akan dirombak menjadi Kantor Desa Mengwi. Sebagian bahkan sudah ditata menjadi kios yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pantauan di lokasi, Jumat (29/5), bekas kantor camat tersebut masih berantakan. Terdapat tumpukan meubelair bekas. Bahkan terlihat ada pedagang sayur yang menitipkan barang dagangannya di teras. Sementara di bagian baratnya sudah ditata menjadi kios. Hanya saja belum terisi dagangan. “Ini masih ditata jadi kios,” ujar salah seorang warga yang ditemui di lokasi.

Di sebelahnya terdapat plang Pembangunan/rehabilitasi/peningkatan pasar desa/kios milik desa (rehabilitasi gedung/Kios bumdes). Tertera nomor kontrak 01/SPK/II/TPK.DM/2020 1-3a/AK/II/2020 dengan anggaran Rp 267 juta yang sumber dananya berasal dari APBDes Mengwi tahun 2020. Waktu pelaksanaan 60 hari kalender (triwulan I) dengan pelaksana CV Ananda Karya. Menurut warga yang namanya enggan disebutkan itu, penataan BUMDes mencapai sekitar 80 persen. “Baru sekitar 80 persen. Belum beroperasi,” ujarnya.

Unwar

Sementara sisanya, kata dia akan dijadikan kantor desa. Hanya saja belum dianggarkan karena masih terbentur Covid-19. “Rencananya di anggaran perubahan dianggarkan. Tahun 2021 pembangunan. Tapi belum ada pertemuan bersama masyarakat, karena situasi seperti sekarang,”ujarnya.

Terkait hal ini, Pj Perbekel Mengwi, IB Suryana membenarkan ada wacana perombakan eks kantor Camat Mengwi menjadi kantor desa. “Rencananya direnovasi jadi kantor desa. Tapi baru wacana saja,” ujarnya melalui pesan whatsapp.

Ditanya mengenai waktu, Sekretaris Camat Mengwi ini mengatakan tahun depan. “Tahun 2021,” katanya singkat. Yang jelas, kata dia sebelumnya lahan tersebut telah dihibahkan ke Desa Adat Mengwi oleh Bupati Badung. Rencana penghibahan eks kantor camat Mengwi sebelumnya diakui pihak BPKAD Badung. Sebab lahan pemkab Badung tersebut tak lagi terawat sejak kantor Camat Mengwi pindah ke sebelah utara sekitar 2016 lalu. Bahkan eks kantor camat tersebut terbengkalai dan sempat ditumbuhi semak belukar. Sebelum ada rencana dihibahkan, awalnya sempat muncul wacana akan dijadikan lahan parkir guna mengakomodasi kendaraan wisata yang berkunjung ke objek wisata Pura Taman Ayun. Namun tak terealisasi.BW-05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: