Bandara Sambut Penerbangan Pembukaan Pariwisata di Bali, Segini Penumpang yang Tiba

Tuban, baliwakemews.com

Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali menyambut penerbangan yang mengangkut wisatawan di hari pertama dibukanya pariwisata Bali untuk wisatawan domestik.

Bertempat di depan Candi Bentar Terminal Kedatangan Domestik, Wakil Gubernur Provinsi Bali, Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, yang didampingi oleh Co. General Manager Commercial PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Rahmat Adil Indrawan, menyambut para wisatawan yang tiba melalui penerbangan Garuda Indonesia GA402 dari Jakarta, Jum’at (31/07) siang.

Rahmat Adil menyambut baik dibukanya pariwisata Bali untuk wisatawan domestik tersebut. “Dengan dibukanya kembali pariwisata Bali untuk wisatawan domestik, hal ini merupakan suatu hal yang sangat positif. Telah cukup lama pariwisata Bali terkena dampak yang cukup parah dari pandemi COVID-19, sehingga cukup banyak sektor kehidupan masyarakat Bali khususnya yang terdampak. Kami berharap, hal ini merupakan awal yang baik bagi bangkitnya kembali pariwisata Bali,” tuturnya.

Baca Juga:  Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Melaspas Balai Banjar Adat Lambing

Dia juga menambahkan, pembukaan kembali pariwisata ini tentunya dibarengi dengan pengetatan penerapan protokol kesehatan, terutama di bandar udara sebagai pintu masuk utama. Pihaknya selalu berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait dalam pelaksanaan serta evaluasi implementasinya.

Sebanyak 89 penumpang penerbangan GA402 yang tiba di Bali pada pukul 10.18 WITA tersebut disambut dengan prosesi pengalungan bunga oleh Wakil Gubernur Bali, manajemen PT Angkasa Pura I (Persero), serta para pimpinan instansi komunitas bandar udara.

Wakil Gubernur Bali, Cok Ace, mengharapkan kembalinya kepercayaan wisatawan domestik terhadap Bali. “Mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk Bali ke depan. Yang kami pentingkan sekarang adalah bagaimana menanamkan kepercayaan wisatawan domestik terhadap Bali sebagai destinasi pariwisata. Ini yang penting. Yang penting prosedur-prosedur untuk masuk Bali sudah terpenuhi semua, protokol kesehatan sudah dipenuhi dengan baik. ,” ujar Cok Ace.

Baca Juga:  Tiga Sekaa Gong Kebyar Duta Badung Mebarung di PKB XLIV 2022

Menanggapi terkait prosedur masuk bagi wisatawan, Wagub Cok Ace menyatakan bahwa hal tersebut berfungsi sebagai strategi promosi sekaligus upaya untuk memberikan rasa nyaman bagi wisatawan. “Keduanya kena. Justru memberikan jaminan, serta untuk mengeliminir dan menekan kemungkinan terburuk untuk dapat terjadi, baik bagi warga Bali maupun wisatawan. Ketika diberlakukan aturan, akan memberikan gambaran bagi wisatawan bahwa di Bali ini nyaman dan aman,” tutupnya.

Selama satu pekan ke belakang (26-30 Juli 2020), Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali mencatat telah melayani sebanyak 17.757 penumpang rute domestik yang terangkut melalui 278 penerbangan. Jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya (19-23 Juli 2020), di mana terdapat 15.153 penumpang dan 256 penerbangan, maka terdapat pertumbuhan sebesar 17% untuk jumlah penumpang serta 8% untuk penerbangan rute domestik yang terlayani.

Baca Juga:  Sekda Adi Arnawa Buka Lokasabha VII PGSDT Badung

“Untuk pergerakan penumpang rute domestik perlahan tapi pasti sudah menunjukkan pertumbuhan yang cukup baik. Hingga tanggal 30 Juli, kami melayani sebanyak 73.875 penumpang, dengan rata-rata harian sebanyak 2.463 penumpang. Sementara di bulan Juni lalu, hanya sejumlah kurang lebih 17.861 penumpang. Bulan ini tumbuh sangat baik. Sekali lagi kami tegaskan, implementasi protokol kesehatan senantiasa kami terapkan secara ketat, seiring dengan pertumbuhan jumlah penumpang yang kami layani,” tutup Rahmat Adil. BWN-04

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM