Badung Sulap Hotel Jadi Tempat Karantina Covid-19

Wabup Suiasa didampingi Kadiskes I Nyoman Gunarta disaat meninjau hotel untuk karantina Covid-19, Selasa (14/4)

Mangupura, baliwakenews.com

PDAM

Menindaklanjuti langkah strategis Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam menangani Covid-19, dimana salah satunya berupa menyiapkan rumah singgah untuk karantina bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan mahasiswa Badung yang pulang dari luar negeri, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa langsung gerak cepat dengan mengunjungi beberapa hotel bintang 4 di Kuta untuk dijadikan sebagai tempat karantina dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Didampingi dan diawasi oleh petugas medis, Pemkab juga telah menetapkan persyaratan khusus yang harus dipenuhi pihak hotel sebagai lokasi karantina. Pemkab saat ini mengamankan beberapa fasilitas akomodasi untuk memastikan bahwa hotel tersebut siap ketika dibutuhkan. “Sejauh ini yang telah siap 1 hotel di wilayah Kuta dengan 64 kamar sebagai tempat karantina PMI asal Badung dan 25 kamar untuk petugas medis. Nantinya dengan skema saat sampai bandara, PMI langsung diarahkan untuk diperiksa petugas medis secara komprehensif. Apabila dari hasil tes medis tersebut ada PMI yang terindikasi positif Covid-19 maka akan langsung dibawa kerumah sakit rujukan untuk mendapatkan perawatan medis, sedangkan PMI yang hasil testnya negatif kita langsung arahkan ke hotel tempat karantina,” ujar Wabup Suiasa, Selasa (14/4/2020).

Unwar

Wabup Suiasa juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada para pengusaha hotel karena sudah ikut bersinergi untuk turut serta dalam memberikan perawatan yang diperlukan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Pihaknya juga memastikan kesehatan dan keselamatan warga dan penduduk Badung yang kembali dari luar negeri dengan menampung mereka di hotel dengan fasilitas yang baik dengan didampingi petugas medis selama menjalani masa karantina. “Kami menghargai inisiatif pemilik hotel dan fasilitas akomodasi wisata yang ingin menyumbangkan unit hotel mereka untuk menerima kasus karantina. Kami berkomunikasi dan berkoordinasi dengan mereka untuk memastikan bahwa semua persyaratan dan standar yang diperlukan dipenuhi,” kata Suiasa.

Pihaknya juga memuji integrasi dan upaya bersama antar semua lembaga untuk mengatasi krisis Covid-19 saat ini, baik mereka yang berada di lingkungan Pemkab maupun tim yang bekerja di lapangan. “Upaya Pemkab bersama semua unsur dalam mengingatkan kewaspadaan serta mengedukasi masyarakat mengenai pencegahan penyebaran pandemi Covid-19 sangat penting untuk dilakukan,” terangnya.

Sebelum meninjau tempat karantina untuk PMI, Wabup Suiasa menyempatkan diri mengunjungi tempat karantina tim medis RSUD Badung di Kelurahan Kapal. Serta mengecek kesiapan dan kelengkapan APD tenaga medis yang bertugas di beberapa puskesmas di Kabupaten Badung yang meliputi wilayah Abiansemal, Mengwi, Kuta Utara dan Kuta sebagai garda terdepan dalam menanggulangi penyebaran Covid-19.

Dalam kunjungannya ke beberapa puskesmas, Wabup Suiasa didampingi oleh anggota DPR RI Komisi VIII IGN Alit Kesuma Kelakan yang sekaligus memfasilitasi pendistribusian APD bantuan pemerintah pusat. “Kami selaku wakil rakyat berusaha membantu Pemkab dan masyarakat dengan mendistribusikan APD kepada semua tenaga medis yang ada di masing-masing puskesmas wilayah Kabupaten Badung. Karena selama ini bantuan APD pemerintah pusat diutamakan untuk rumah sakit rujukan di setiap daerah.” ujar Alit Kelakan seraya menjelaskan pihaknya selaku anggota DPR RI selalu berkomunikasi dengan pemerintah daerah Kabupaten Badung dalam upaya menanggulangi penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Menangggapi hal tersebut Wabup Suiasa menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada mantan Wakil Gubernur ini. “Kami mewakili pimpinan pemerintahan daerah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada anggota DPR RI Perwakilan Bali Bapak IGN Alit Kelakan karena secara proaktif sudah ikut mendukung pemerintah Kabupaten Badung dalam memfasilitasi pemenuhan APD bagi tenaga medis kita di semua puskesmas Kabupaten Badung. Pemerintah daerah juga memberikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada petugas medis yang mempertaruhkan jiwa dan raganya berada di garda terdepan dalam menanggulangi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Badung. Harapan kita semua semoga kondisi ini lekas berlalu sehingga kehidupan masyarakat kembali berjalan normal,” jelasnya.

Pada kegiatan peninjauan beberapa hotel, Wabup Suiasa turut didampingi oleh anggota DPRD Kabupaten Badung AA Anom Gumanti dan Luh Gede Sri Mediastuti, Kadis Kesehatan Nyoman Gunarta, Kadis Kominfo IGN Jaya Saputra, Kabag Humas I Made Suardita. BW-05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: