Badung Dukung Upaya Pemulihan Pariwisata Secara Bertahap

Mangupura, baliwakenews.com

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengikuti rapat koordinasi via zoom meeting dalam upaya mitigasi serta upaya pemulihan pariwisata dengan mencanangkan program Clean, Safety and Healty (CSH) secara bertahap di wilayah hukum Polda Bali dari Gedung Command Center Puspem Badung, Selasa (9/6). Rapat koordinasi yang dipimpin Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha ini juga diikuti Wakil Gubernur Bali Ir. Tjokorda Artha Ardana Sukawati (Cok Ace), Sekda Bali, Pangdam Udayana, Bupati/Walikota se-Bali, Dirut Angkasa Pura serta Kapolres se-Bali. Pada kesempatan tersebut Wabup Suiasa juga didampingi Sekda I Wayan Adi Arnawa, Ketua PHRI Badung I Gst. Ngr. Rai Suryawijaya, Kadisparda I Made Badra serta OPD terkait di lingkungan Pemkab Badung.

Wabup Suiasa menyampaikan apresiasi atas dilaksanakan rakor ini dalam rangka menyamakan persepsi serta langkah bersama terkait upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 terlebih dalam hal mempersiapkan memasuki budaya hidup baru di Bali khsususnya pemulihan pariwisata. Untuk menyikapi dan mempersiapkannya, Badung telah melakukan upaya-upaya yang bersifat koordinatif dengan seluruh stake holder yang ada di Kabupaten Badung terlebih stake holder yang menyangkut pariwisata. “Bahkan terhadap konsep ini kami telah meminta pandangan pendapat berbagai pihak dalam menyusun dan merumuskan konsep SOP penerapan budaya hidup baru di Kabupaten Badung,” katanya seraya menambahkan rumusan ini akan disinergitaskan dengan rumusan yang disusun oleh Pemerintah Provinsi Bali sehingga nanti ada keharmonisan, serta sinergi dalam menyambut budaya hidup di Bali bisa terbangun dengan baik.

Baca Juga:  Bupati Badung Hadiri Pembahasan Ranperkada RDTR Kecamatan Petang

Terhadap konsep tersebut pihaknya di Kabupaten Badung juga sudah menyelesaikan surat edaran yang akan diberikan kepada seluruh stake holder sebagai pre conditioning semua stake holder yang ada di Kabupaten Badung, sehingga dengan surat edaran ini setidak-tidaknya semua pihak bisa melakukan persiapan untuk melakukan langkah-langkah dalam menyambut budaya hidup baru ini sesuai dengan prosedur protokol Covid-19. “Sehingga pada saatnya nanti bila sudah ada instruksi dari Bapak Gubernur terkait sektor apa yang dibuka, di wilayah mana, kami di Badung sudah siap dan tinggal melaksanakan tidak lagi melakukan persiapan,” tegasnya seraya menyatakan Badung sangat siap dan mendukung pemulihan pariwisata secara bertahap.

Baca Juga:  Sekda Adi Arnawa Hadiri Pemutaran Film Pendek Karya Anak Muda Badung di Balai Budaya  

Sementara itu Wakapolda Bali Brigjen Pol. I Wayan Sunartha mengatakan pelaksanaan program CSH akan dilakukan secara bertahap dimulai dari bulan Mei sampai dengan bulan Desember 2020 dengan tahapan menyusun pedoman atau standar, sosialisasi, self assessment uji coba dan pelatihan, verifikasi penerapan CSH, koordinasi dan sinergi penerapan serta integrasi stakeholder dengan asosiasi dan pemda, penerapan skema sertifikasi CSH dan terakhir pembukaan tempat pariwisata secara bertahap saat sudah memungkinkan. Dikatakan jajaran kepolisian siap mendukung program ini karena walau dalam kondisi Covid-19 ini tidak menjadi halangan koordinasi jajaran Kepolisian, TNI maupun Pemerintah.

Baca Juga:  Siswa SLB Negeri 1 Badung, Tampilkan Kreasi Batik di BEF 2023

Wakapolda juga meminta masukan dari semua pihak terkait dengan pelaksanaan CSH ini sehingga pelaksanaannya nanti dilapangan berjalan dengan baik. “Terkait dengan pelaksanaannya nanti, kehadiran TNI dan Polri di lapangan sangat penting dalam memberikan bimbingan dan edukasi serta memberikan informasi yang benar tanpa adanya tindakan yang keras,” katanya. (HB)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD BadungIklan Bali Wake News Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAMIklan Imlek Pemkab TabananIklan Imlek DPRD Badung