ATM Tak Sediakan Hand Sanitizer Rentan Tularkan Virus Corona

HAND SANITIZER - Salah satu ATM yang ada di Denpasar, tak menyiapkan hand sanitizer.

Denpasar, baliwakenews.com

PDAM

Beberapa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik bank yang ada di wilayah Kota Denpasar, malah tak memperhatikan kesehatan masyarakat dengan tidak menyediakan hand sanitizer (cairan pencuci tangan). Lain halnya dengan ATM yang berada di lingkungan bank, di mana telah dilengkapi dengan wastafel cuci tangan, hand sanitizer dan pengecekan suhu tubuh.

Jubir Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, yang dikonfirmasi, Jumat (17/4/2020), mengatakan Pemerintah Kota Denpasar telah mengimbau kepada kantor pemerintahan, swasta dan kantor lainnya supaya menyiapkan hand sanitizer, menyiapkan wastafel cuci tangan dan melakukan pengecekan suhu tubuh. Selain itu, ada protokol kesehatan dengan menyiapkan bilik antiseptik, sehingga di tempat-tempat publik ini diupayakan menghindari bagaimana menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona. ”Kami sedari awal sudah mengimbau di tempat-tempat umum dan perbankan untuk menyiapkan alat ini bagi nasabahnya demi keamanan kita bersama,” kata Dewa Rai.

Unwar

Untuk ATM, lanjut dia, merupakan tempat yang sangat rawan atau rentan bisa menularkan virus corona karena banyaknya masyarakat yang melakukan penarikan uang. ”ATM ini, merupakan titik rawan yang terus disentuh orang. Karena itu, kami minta agar menyiapkan hand sanitizer di masing-masing ATM. Hal ini juga untuk kesehatan masyarakat, karena jika akan menarik uang terlebih dulu tangan dibersihakn dengan hand sanitizer, begitu juga sebaliknya saat selesai melakukan penarikan uang,” ujarnya.

Dengan menyiapkan hand sanitizer, lanjut dia, untuk meminimalisir penyebaran virus corona. ”Kami telah mengimbau kepada perbankan, baik yang memiliki ATM di lingkungan dan luar area perbankan supaya menyiapkan hand sanitizer. ”Demi keselamatan kita bersama, kami minta pihak perbankan memperhatikan kemanan, keselamatan dan kesehatan masyarakat agar ATM-nya diisi hand sanitizer. Apalagi ATM merupakan salah satu titik yang dicurigai sebagai penularan virus corona,” tandasnya. BW-02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: